Tips cara belajar

BELAJAR
 Belajar merupakan salah satu kewajiban yang penting bagi kita, apa lagi bagi kita yang masih sekolah. Tetapi kebanyakan orang malah tidak menghiraukan hal tersebut, dizaman modern ini kebanyakan orang malah asyik main hp,nonton tv,dan lain-lain, pokoknya seenaknya sendirilah. Tetapi saat menjelang ulangan bahkan ujian kebanyakan orang baru belajar. Itu aja kalau niat dapet nilai bagus, kalau yang enggak peduli ya tettot... boro" belajar buka buku aja enggak,paling cuma dibuka saat disekolah aja...hihihi
Belajar seharusnya dilakukan setiap hari,bukannya saat mau ulangan aja. Nah,kali ini saya akan kasih tips agar mudah dalam belajar supaya waktu belajar kita menjadi lebih efektif. Mau tau.... cekidot :

1. Membaca itu adalah kunci dari belajar

              kok harus membaca siih, ya iyalah supaya kita bisa memahami pelajaran yang kita pelajari, minimal ya bacalah materi-materi baru dua kali dalam sehari,tetapi sebelumnya membaca materi-materi baru kita harus baca dulu materi-materi yang sebelumnya yang udah diterangkan oleh bapak/ibu guru. karena otak kita sudah mengolah materi-materi tersebut sebanyak 3x jadi dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.
Dan kita juga wajib jadwalkan waktu untuk membaca, minimal 2 menit sehari.

2. Belajar itu bukan sekedar menghafal sob, tapi harus kita pahami

           Fungsi  utama kenapa kita harus belajar adalah untuk memahami hal-hal yang baru,yang belum kita ketahui. Kita boleh hafal 100% semua detail-detail pelajaran, kalau bisa hahaha. Tapi yang paling penting adalah Apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dipelajari dan dihafalkan???, jadi jika kita belajar yang pertama yaitu dibaca dulu kemudian pahami dulu garis besar materi pelajaran yang kita pelajari, baru kemudian kita hafalkan. COCOK !!!

3. Mencatat pokok-pokok pelajaran dengan bahasa kita sendiri

           Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang dan sulit untuk membacanya. Ambillah intisari-intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran. Pokok-pokok inilah yang nantinya berguna saat kita mengulang pelajaran selama ujian. Serta jangan lupa untuk menyimpulkan dengan bahasa kita sendiri.Kok harus dengan bahasa sendiri?,ya iyalah kenapa tidak,jika kita menggunakan bahasa kita sendiri pasti kita lebih mudah memahaminyakan.

4. Hafalkan kata-kata kuncinya saja

         Kadang memang kita harus mau tidak mau menghafalkan materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya tidak usah menghafal sebanyak itu, supaya mudah diingat di otak maka buatlah kata-kata kunci di setiap paragraf atau hafalan kita.

5. Pilihlah atau jadwalkan waktu belajar yang tepat

          Nah,ini sangat penting sobat, karena kita lebih enak saat belajar. Biasanya waktu yang paling enak adalah disaat badan kita masih segar ( FRESS ). Tapi biasanya, pagi harilah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh,dan biasanya pelajaran mudah masuk ke otak,apalagi setelah sholat subuh bagi yang muslim serta jadwalkan waktu belajar sobat paling sedikit 30 menit belajar setiap hari.

6. Buat belajarmu lebih menyenangkan

       Jika sobat suka belajar sambil dengerin musik yang lakukan aja,serta lagunya juga sesuaikan dengan mood sobat. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan kok. Jika memang kita sedang boring belajar dikamar, kita bisa kok belajar diteras bahkan diperpustakaan, jika memang sobat lagi bosan belajar sendiri sobat juga bisa buat kelompok belajar. Tidak usah banyak-banyak, maksimal lima orang saja. Suasana belajar kelompoklah yang biasanya seru dan dijamin enggak bakal ngantuk dehh.

7. Kembangkan sendiri materi yang sudah dipelajari dengan cara melatih sendiri kemampuanmu

         Sebenarnya kita bisa kok mengembangkan sendiri materi yang sudah dipelajari , apalagi dijaman modern ini. Tinggal tanya sama Mbah Google kan gampang, serta kita coba mengerjakan soal-soal latihan yang ada dibuku atau cari-cari di google. Agar kita bisa melatih sendiri seberapa kemampuan otak kita.

8. Kalau belajar pastikan jauh dari keramaian

       Maksud dari keramaian ya bukan sperti di jalan raya, masa kita mau belajar dijalan raya..hahaaha, tetapi maksudnya kita harus jauh dari tv,atau sebagainya. Agar kita bisa fokus dalam belajar, bahkan kalau bisa bilang sama orang tua sobat untuk tidak menyalakan tv saat jam belajar sobat, dan yang penting jangan main hp karena dalam memecah konsentrasi sobat.

9. Sediakan pula waktu untuk sobat istirahat

       Belajar sih boleh belajar, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kan kita bukan robot...hhehe. Jika kita dikelas,setiap jeda pelajaran atau sebelum guru mata pelajaran lain masuk kelas gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran,salah satunya otot tangan karena kita biasanya harus mencatat materi pelajaran. Jika dirumah, setiap 30 menit waktu belajar sobat harus diselingi dengan istirahat paling lama 5-10 menit. Jika kita udah ngantuk/suntuk ya percuma aja kita teruskan belajar kita yang ada malah yang kita pelajari enggak masuk kedalam otak kita.

Nah tadi itu adalah tips untuk belajar,semoga bermanfaat ya......
 Nantikan post ku yang berikutnya....

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer